Operating System pada dasarnya adalah sebuah "Makhluk" yang terdiri dari kumpulan software yang digunakan untuk mengatur atau memasukkan perintah kepada hardware. Untuk fungsi hardware seperti input dan output dan alokasi memory, sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara program dengan komputer hardware. Meskipun demikian aplikasi dijalankan secara langsung oleh hardware dan biasanya akan melakukan sistem call ke fungsi di OS atau di interupsi oleh OS tersebut. Sistem operasi dapat di temukan di hampir semua alat yang mempunyai fungsi komputer mulai dari handphone, video game hingga super komputer dan web server.
Sejarah OS
Di awal tahun 1950, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu. Setiap pengguna menggunakan sendiri komputer untuk waktu yang terbatas sesuai dengan jadwal waktu, dengan program dan data yang ada di punch card atau punch tape. Program akan di load ke komputer, dan komputer akan bekerja sampai program selesai atau crash. Program biasanya di debug melalui panel di depan menggunakan switch dan lampu panel.
Belakangan mesin-mesin ini dilengkapi dengan program library, yang di sambungkan di program user untuk membantu operasi tertentu, seperti, input, output, dan membuat kode komputer yang dapat dibaca manusia. Ini merupakan asal muasal sistem operasi modern. Akan tetapi, mesin masih menjalankan single job pada satu waktu.
Komponen Umum OS
Kernel
Kernel menghubungkan perangkat lunak aplikasi ke perangkat keras komputer. Dengan bantuan firmware device driver, kernel menyediakan tingkat yang paling dasar untuk mengontrol semua perangkat keras komputer.
Eksekusi Program
Sistem operasi menyediakan antarmuka antara program aplikasi dengan perangkat keras komputer, sehingga program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras hanya dengan mematuhi peraturan dan prosedur yang sudah diprogram ke dalam sistem operasi. Sistem operasi juga merupakan satu set layanan yang menyederhanakan pengembangan dan eksekusi program-program aplikasi.
Interupsi
Interupsi sangat penting untuk sistem operasi, karena menyediakan cara yang efisien untuk sistem operasi untuk berinteraksi dengan dan bereaksi terhadap lingkungannya. Pilihan lainnya menggunakan sistem operasi "mengawasi" berbagai sumber input akan kejadian (polling) agar dilakukan tindakan - teknik ini dapat ditemukan di sistem lama dengan stack yang sangat kecil (50 atau 60 byte) , teknik ini tidak biasa dalam sistem operasi modern dengan stack besar. Interupsi berbasis pemrograman langsung didukung oleh CPU paling modern. Interrupts memberikan komputer cara otomatis menyimpan konteks lokal register, dan menjalankan kode tertentu dalam menanggapi kejadian.
Akses Disk dan file system
Filesystem memungkinkan pengguna dan program untuk menata dan mengatur file pada komputer, biasanya melalui penggunaan direktori (atau "folder"). Akses ke data yang tersimpan pada disk adalah fitur utama dari semua sistem operasi. Komputer menyimpan data pada disk menggunakan file, yang terstruktur dengan cara tertentu agar memungkinkan untuk mengakses dengan cepat, keandalan yang lebih tinggi, dan untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia pada disk. Cara khusus di mana file tersebut disimpan pada disk yang disebut sistem file, dan memungkinkan file untuk memiliki nama dan atribut. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk disimpan dalam hirarki direktori atau folder yang diatur dalam struktur direktori.
Security
Sebuah komputer yang aman tergantung pada sejumlah teknologi bekerja dengan baik. Sebuah sistem operasi modern menyediakan akses ke sejumlah sumber daya yang tersedia untuk perangkat lunak yang berjalan pada sistem, dan perangkat eksternal seperti jaringan melalui kernel.
User interface
Setiap komputer yang akan dioperasikan oleh seorang individu memerlukan antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna biasanya disebut sebagai shell dan penting jika akan mendukung interaksi dengan manusia . User interface melihat pada struktur direktori dan layanan permintaan dari sistem operasi yang akan memperoleh data dari perangkat keras input, seperti card reader, keyboard, mouse, dan permintaan layanan sistem operasi untuk menampilkan prompt, pesan status, dan pada perangkat hardware output, seperti monitor video atau printer. Dua bentuk yang paling umum dari antarmuka pengguna secara historis command line interface (CLI), di mana perintah komputer mengetik baris demi baris, dan antarmuka grafis (GUI) yang menampilkan tampilan visual.
Comments
Post a Comment